Akibat Mata Kuliah DDR & DDP

Hallo bloggers lama tak jumpa, last post 10 februari pas banget ketika gue mulai masuk kuliah dan hari ini gue ngepost pas banget minggu depannya uts. Waktu sangat cepat sekali berjalan yah atau karena gue jarang ngepost jadi terlihat sangat singkat. Gue melewati hari-hari yang panjang di semester baru ini. Banyak hal baru yang ga pernah gue duga datang di hari-hari gue yang lalu.
(Oh sh*t kalo langsung nulis di blog abis titik mesti di caps/ shift huruf depan dulu dan itu bikin ribet gue, apa perlu nulis di word dulu biar otomatis abis titik huruf depannya gede? Atau gue ga ngerti settingannya ya? HAHAHA). Di semester ini ada matkul dasar- dasar penulisan itu membuat gue harus peka melihat koma, titik, tanda baca, huruf gede, huruf kecil. Jadi gue mencoba membiasakan diri untuk menggunakan tanda baca yang jelas, karena ternyata gue baru sadar tanda baca bisa merubah makna. Ya namanya juga tulisan ya ga bisa ditebak rasanya #ceileh rasanya hahaha. 
Contoh : 
Experience is the best teacher
Pake koma (,) : Experience, is the best teacher
Pake titik dua (:) : Experience : the best teacher 
(is dihapus karena sama maknanya dengan titik dua yang menunjukkan arti adalah)

Nah beda kan???? apa contoh gue kurang pas ya? ah gue rasa kalian mengerti maksud gue itu #bingung sendiri.

Tapi ini jadi sulit ketika gue terbiasa menggunakan bahasa sehari-hari dan yang penting orang ngerti, dan gue mencoba memperbaiki tulisan gue ya buat itung-itung latihan jadi penulis #eaaa. Tapi Brosist blogger kita santai aja ya, ga perlu baku-baku amat toh ini bukan buat paper segala #loh?

Tuh kan salah fokus tuh kaaaaan
ah #lanjuuut

Ya balik lagi to the topic, gue merasa di Februari ke Maret ini banyak sekali yang gue lakukan. Tapi gue ga pernah sempet buat ngepostnya disini, kenapa? Sebenernya gue juga bingung, mungkin manajemen waktu gue buruk kali ya? Ah tapi ga juga sih #kenapasihgueseringbangetbingungsendirigini:( 
Tadinya mau ngepost ga sempet mulu sih, ada bahan postingan padahal tapi mesti riset dulu nyari informasi pelengkapnya (ini gue apa banget sih -_- kayanya gara gara mata kuliah riset deh)
Blog : "JADI YANG MAU DICERITAIN APAAAAAN SIH????"
Gue : "Eeeh iya ya mestinya gue bikin outline dulu kali ya biar ga ngelantur gini"
Blog : "Woooooooooi Seeeeelllll tahelah tahelah buruan cerita"
uhm sepertinya gue akan ganti topik pembicaraan deh, kayanya kalo diterusin fokusnya kemana mana deh #elaaaah hahaha. Cerita gue selama Februari-Maret di postingan selanjutnya aja ya. Gue aja pusing sendiri, gimana yang baca hahaha.

Di postingan ini gue cuma mau nunjukkin ternyata sebelum kita nulis itu banyak yang mesti kita rencanakan. Gue yang tergolong awam untuk ini menganggap bahwa menulis itu sesuatu yang lumayan sulit. Karena sebelumnya gue emang jarang nulis, jadi ga terbiasa untuk menulis dan menumpahkan apa yang gue biasa ungkapkan secara lisan menjadi sebuah tulisan, kenapa? Gue males nulis karena tulisan gue jelek HAHAHAH. 

 Ya gini deh orang yang terbiasa nulis contohnya aja diary, seengganya sedikit lebih luwes dibanding yang jarang nulis. Sekalipun udah ada teknologi dari Ms. Word,dll ya gitu deh, ya itu gimana minat dan niat sih.
Harusnya gue masukkin sejarah menulis kali ya biar menarik, terus perkembangannya, alat untuk menulis apa aja, sastrawannya siapa aja. Well itu namanya mengupas habis, sehingga pembaca mengerti dasarnya #menurut sotaunya gue ya *sorrysorry kalo salah karena gue juga masih belajar. 
Selain itu menulis juga harus berdasarkan fakta, sehingga sebuah tulisan itu bisa dipertanggungjawabkan. Kalau bisa riset dulu biar tahu detil-detilnya. Kita sebaiknya memiliki perbendaharaan kata yang banyak, sehingga kita dapat mengembangkan tulisannya dan juga hal ini untuk menghindari redudansi (kejadian berulangnya kata). Jadi Brosist kita mesti banyak baca gitu, soalnya membaca itu menambah kosa kata di dalam otak kita.
Terusnya lagi kita harus menghindari plagiarisme, plagiarisme hukumnya haram katanya, udah bukan makruh lagi. Mengutip juga ada tekniknya bisa dibikin catatan kaki atau di taruh disebelah penjelasan.
Lumayan juga ya blogger?
Gue yang amatiran ini ga berani menulis kriteria menulis yang baik seperti apa, soalnya gue juga masih belum menguasai masih belajar juga. Ya kita sama-sama belajar sih tapi gue ga pengen membuat tulisan ini secara terstruktur tentang info menulis aja karena eh karena tadinya ini postingan mau ngeshare apa yang telah gue lakukan di dua bulan ini #elaaah haha. Jadi gue hanya mengambil garis besarnya aja, kalo brosist pengen tahu lebih lanjut kriteria yang menulis yang baik banyak kok di mbah gugel.

Tapi brosist ga usah takut, kecewa, merasa minder, rendah diri, terpukul #loh? 
Iya ga perlu takut, ternyata menulis itu sesuatu yang bisa dilatih jadi kalo ada niat pasti bisa deh. Semakin banyak kita menulis semakin bagus tulisan kita #kalo ga salah kata dosen gue gitu hahaha. Jadi kita sama sama belajar yah? Siapa tau bisa jadi penulis terkenal hahaha Amin. 

Gue juga pengen jadi penulis, makanya pengen banyak latihan. Mungkin melalui tulisan dari blog ini gue bisa belajar, bukan gue aja sih kita deng. Kita kan? Ya dong? Jadi kalo salah tolong diingatkan ya.
Semoga bermanfaat dan.... #jengjengjengjeng
Semangat untuk kitaaa !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meludah Sembarangan Itu Menjijikan!

Pebisnis Muda Mutiara Kamila, "From Minus to Surplus"

Tanggung jawab adalah harga diri